Indonesia sebagai negara tropis, tentu kehadiran perangkat elektronik yang mampu memberikan kesejukan udara sangatlah dibutuhkan. Setiap konsumen tentu sangat berminat ingin mendapatkan sebuah produk penyejuk ruangan yang hemat energi dan juga murah. Meski demikian, kehadiran ac yang dipasang di rumah sekaligus menjadi masalah baru bagi penggunanya. Apa pasal? Tidak dipungkiri, ac merupakan salah satu perangkat elektronik yang sistem kerjanya sangat banyak menghabiskan konsumsi listrik. Sebanyak 40 hingga 60 persen tagihan listrik berasal dari penggunaan ac di rumah.

Saat ini, sudah dibuat suatu regulasi dari pemerintah untuk mengeluarkan produk ac yang hemat dan pastinya ramah lingkungan. Dimana regulasi itu harus disesuaikan dengan SNI. AC-AC berstandar SNI ini juga harus ramah lingkungan, yakni dengan menggunakan freon bertipe R32 yang lebih ramah ozon. Selain itu setiap produk ac juga harus dilengkapi dengan diterapkannya standar EER atau energy eficiency ratio yang mulai diterapkan pada 2016 lalu. Indikasi produk ac sudah menerapkan hal itu ditandai dengan stiker EER pada produknya. Standar EER ini ditandai dengan satu hingga enam bintang. Makin banyak bintang yang dimiliki dari sebuah produk ac itu, maka ac itu merupakan produk paling hemat.

Namun, meski demikian, bukan berarti para penggunanya lantas tidak melakukan apapun terhadap produk ac yang telah dibelinya. Sebuah produk elektronik meski dengan keunggulan dari teknologi yang dimilikinya tentu membutuhkan perawatan dari penggunanya. Hal ini dimaksudkan supaya produk elektronik yang dibelinya terutama ac bisa lebih tahan lama dan bisa digunakan dalam waktu jangka panjang. Berikut ini ada berbagai cara yang bisa diterapkan bagi pengguna ac hemat energi supaya ac-nya tetap tahan lama dan hemat energi pastinya.

  1. Bila tidak digunakan lagi, sebaiknya ac dimatikan. Ketika ac yang telah dalam kondisi mati, hendaknya jangan langsung dinyalakan. Biarkan beberapa saat supaya oli kompresor dan gas freon kembali ke kompresor dulu. Selain itu juga perlu mengistirahatkan mesin ac kurang lebih 1 menit. Dengan begitu, bukan tidak mungkin ac akan tahan lama.
  2. Saat ac dalam kondisi nyala, sebaiknya tutup semua jendela atau lubang angin. Adanya sirkulasi udara pada ruangan tentu akan membuat suhu ruangan menjadi tidak stabil dan hal itu justru membuat ac menjadi lebih ekstra dalam bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *